Ad Code

Penipuan Agen Penyalur Tenaga Kerja

Hello All,

Aku mau cerita sedikit nih. Supaya kalian aware sama identitas apapun yang kalian upload di social media karena bisa jadi digunakan sebagai modus kejahatan, jadi jangan-lah membantu penjahat- penjahat itu untuk modus operasi mereka.

Source: Kupastuntas.co
Suatu hari, ada yang chat aku di Whatsapp, seseorang yang berasal dari Singapore (+65). Aku pikir tumben banget ada yang chat aku dari Singapore, perasaan aku gak Apply kerja atau punya kenalan orang Singapore baru-baru ini. Akhirnya aku bales dan dia nanya aku pernah Apply jadi Maid di Malaysia atau ngga. Aku bilang lah ngga pernah dan aku tanya dia dapet nomer aku darimana. 

Jadilah dia cerita kalau dia lagi cari maid untuk neneknya yang ada di  malaysia, lalu ada agent Indonesia/ Malaysia gitu yang bilang kalo dia punya orang yang mau di hire sama orang yang chat aku ini, sebut saja Mawar. Nah, si Agent ini menggunakan Passport aku untuk meyakinkan Mawar bahwa aku mau pergi kesana dan sepertinya Mawar harus bayarin tiket pesawat dll dulu gitu. Mawar bilang dia udah sering banget di tipu sama Agent gitu makanya dia cari nama aku di goole dan untungnya ada banyak keluar informasi tentang aku. Ternyata dia menemukan aku di Website Laboratorium jaman aku jadi Asisten Lab, kebetulan masih ada foto dimana ada nomor ponsel Asisten gitu disana. Akhir kata dia bilang terima kasih karena sudah verifikasi dan membuat dia tidak tertipu oleh Agent tersebut.



Ini rincian chat aku dengan Mawar

Jujur sih aku shock juga, jadi aku pikir passport di-postingan aku tentang pembuatan Passport itu udah aku tutup-tutupin, ternyata yang ke upload yang polos dong. Dan manusia di bumi ini memang udah banyak yang hobi nipu jadi beware aja sama apapun yang kalian upload jangan tergesa-gesa, even di Instagram Story, kayak KTP atau SIM atau Passport atau tiket pesawat. Kalau kalian beli apapun atau mau hire siapapun, better kalian cek dulu semuanya, cari di sosial media itu cukup membantu, gunakan agen yang terpercaya, jangan yang abal-abal atau tanpa kredibilitas. Jaman sekarang yang ada kredibilitas aja bisa zonk, apalagi yang ga ada kan. FYI, Aku tetap was-was, bisa jadi dipake sama penipu itu untuk menipu client-client dia yang lain pake screenshot Passport aku :(

Oh iya, kalau kalian ada yang berminat untuk menjadi Maid/ Nurse di Malaysia untuk merawat seorang nenek, mungkin bisa kasih comment dibawah karena dia bener-bener lagi butuh banget, jadi nanti aku akan hubungin kalian ke orang ini.

Keep Aware guys!

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code